Lakukan Ini, Ikan Tidak Lagi Buat Kulkas Ibuk Bau

Fresh seafood on ice at the fish market

Jika ibuk masih sering mencium bau tak sedap dari dalam kulkas karena ikan yang baru dibeli hanya diletakkan begitu saja. Berikut cara menyimpan ikan di freezer agar tak bau?

1. Bersihkan ikan terlebih dahulu

Setelah membeli ikan mentah di pasar, hindarilah memasukkan ikan yang baru ibuk beli langsung ke dalam kulkas, karena hal ini dapat menyebabkan bau dari lendir tubuh ikan menyebar ke seluruh ruangan freezer. Bersihkanlah ikan dari sisik dan kotorannya, kemudian bilas kembali dengan air bersih. Jika ibuk membeli ikan yang telah dikeluarkan kotorannya, maka ibuk hanya perlu membersihkannya dengan air bersih yang mengalir.

2. Taburkan garam atau perasan jeruk nipis

Setelah ikan telah dibersihkan dari sisik, lendir, serta kotorannya, berikanlah taburan garam atau perasan jeruk nipis sebelum menyimpannya. Hal ini dilakukan agar ikan yang ibuk beli bisa tetap segar untuk beberapa waktu. Selain itu, perasan jeruk nipis dapat mengurangi aroma amis pada ikan sehingga ketika disimpan, bau yang dikeluarkan tak begitu menyengat.

3. Simpan di dalam wadah tertutup

Ikan mentah harus diletakkan di dalam wadah yang tertutup rapat sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Hal ini cukup penting untuk menghindari bau amis ikan yang mudah menyebar. Jika hanya disimpan dalam plastik, ada kemungkinan plastik dapat rusak ketika mulai membeku, sehingga bau ikan tetap menyebar dan menyebabkan kulkas anda menjadi bau.

4. Pisahkan tempatnya dalam freezer

Ketika ibuk ingin menyimpan ikan di dalam freezer, sebelumnya pindahkanlah makanan lain ke bagian lain dari freezer, bisa membagi ruang freezer jadi 2 bagian yaitu bagian makanan mentah dan makanan beku (siap makan & masak). Pastikan semua bahan disimpan dalam wadah tertutup agar tidak saling mengeluarkan atau menyerap bau.

Lakukanlah 4 poin yang telah disebutkan agar bau tak sedap dari ikan mentah bisa diminimalisir. Meskipun begitu, akan jauh lebih baik jika ikan yang baru ibuk beli langsung diolah karena kesegarannya masih terjaga dengan baik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s